Satgas PPKS Untag Surabaya Berkesempatan Menghadiri Rapat Kerja Nasional yang Dihadiri Menteri Kemen

Minggu,19 November 2023 - 23:03:33 WIB
Dibaca: 479 kali

Penulis: Ali Achmad Sholeh

     Jakarta (3/10/2023) Satgas PPKS Untag Surabaya bersama seluruh satgas PPKS dari Perguruan Tinggi di Indonesia berkesempatan untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Rakornas ini dilaksanakan oleh kemdikbud dengan tujuan untuk memantau implementasi PPKS di Perguruan tinggi sesuai dengan permendikbud no 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan Perguruan Tinggi.

     Satgas PPKS Untag Surabaya diwakili oleh Irmashanthi Danadharta, MA sebagai Ketua satgas PPKS dan Mayang Anggun Febrianti (Sastra Inggris) dari perwakilan mahasiswa anggota satgas PPKS. Dalam Rakornas dihadiri langsung oleh Menteri Kemdikbud Ristekdikti Nadiem Makarin. Dalam acara ini juga membahas tugas pokok dan fungsi satgas PPKS yang mana Ketua Satgas PPKS (Kasatgas) dari masing-masing Perguruan Tinggi dikumpulkan dan dipisahkan dari anggota satgas PPKS dari mahasiswa dikarenakan adanya perbedaan penyampaian materi yang akan diberikan.

     Kasatgas diminta untuk berdiskusi mengenai keberlanjutan satgas PPKS yang kemudian akan dijadikan rekomendasi untuk kementerian sebagai pelaksanaan PPKS dengan tujuan untuk pemerataan dan persamaan satgas seluruh Indonesia. Irmashanthi menyatakan " Diskusi ini belum belum rekomendasi penanganan. lebih kearah rekomendasi untuk pemerataan/persamaan seluruh satgas se-Indonesia.". Rakornas kali ini juga bertujuan untuk mengevaluasi permendikbud no 30 tahun 2021 dan rekomendasi kedepannya berdasarkan praktik baik selama 2 tahun ini, tambahan juga mengenai alur pelaksanaan PPKS. Dilansir dari kemdikbud.go.id Rakornas ini bertujuan untuk membangun kesadaran kolektif dan mengarahkan langkah konkret guna menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, adil, dan bebas dari ancaman kekerasan seksual. Oleh karena itu, pada akhir acara, dibacakan hasil rekomendasi dari para peserta.

     Dari perwakilan anggota satgas mahasiswa memiliki pembahasan yang berbeda dengan dipandu oleh ketua Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Chatarina Muliana Girsang membahas mengenai adalah stigma dari mahasiswa bahwa anggota satgas dari mahasiswa adalah polisi moral yang kemudian mempengaruhi pergaulan pertemanan  anggota satgas dari mahasiswa di kampus. Mayang menyatakan "Mereka ribut soal ada beberapa kampus yang mahasiswa anggota satgas itu dijauhi karena kena julukan "polisi moral" jadi mereka minta ada pelatihan peningkatan kompetensi gitu".

     Di akhir acara Menteri Nadiem Makarim mengaku bangga berasa di tengah-tengah perwakilan satgas PPKS saat itu karena menurutnya jarang sekali ada tugas mulia seperti satgas PPKS.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya