Evaluasi dan pemaparan hasil kerja Satgas PPKS Untag Surabaya kepada civitas akademika

Selasa,11 Juli 2023 - 22:21:16 WIB
Dibaca: 764 kali

   Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau satgas ppks Untag  telah menggelar pemaparan dan evaluasi hasil kerja Satgas PPKS yang digelar setiap 6 bulan sekali, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Graha Wiyata ruang meeting room 1 Untag Surabaya pada tanggal 30 Januari 2022 pukul 08.30-11.00 wib. Satgas PPKS Untag Surabaya dibentuk pada pertengahan tahun 2022 dan merupakan salah satu kampus dengan pembentukan Satgas tercepat bahkan yang pertama di Jawa Timur.

   Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan civitas akademika Untag Surabaya yang terdiri dari Kaprodi dari tiap-tiap jurusan, Dekan dari tiap fakultas, perwalian biro, hingga wakil dan Rektor Untag Surabaya namun saat itu beliau berhalangan hadir. Kegiatan dimulai dengan pembukaan MC yang kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diteruskan dengan lagu hymne kontak Surabaya, tak lupa Irmashanti Danadharta selaku ketua Satgas PPKS Untag Surabaya memberikan sambutan dalam acara tersebut, beliau menjelaskan " Evaluasi kerja Satgas ppks adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh satgas setiap 6 bulan sekali, namun untuk selanjutnya evaluasi Satgas hanya akan dilakukan dengan rektor dan tidak banyak mengundang audiens seperti saat ini" Kemudian Irmasanti menambahkan "Berkat kerja keras banyak pihak Kampus Untag Surabaya mendapatkan penghargaan peringkat 1 instansi cerdas berkarakter anti kekerasan seksual tingkat nasional Tahun 2022, maka kita harus menjaga kualitas yang telah didapatkan".

   Kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan hasil survei Satgas PPKS oleh Salsabila Ratu, survei ini sedikit banyak berisi tentang bagaimana pengetahuan civitas akademika Untag Surabaya mengenai kekerasan seksual serta apakah mereka pernah melihat atau mengalami kekerasan seksual di lingkungan kampus. Sesi selanjutnya adalah acara inti yaitu pemaparan dan evaluasi Satgas PPKS Untag Surabaya oleh Irmasanti Danadharta dan Erny Herlin Setyorini yang berisikan apa saja kasus yang sudah ditangani Satgas tanpa menyebutkan identitas korban, kemudian mereka juga menjelaskan apa saja hak-hak yang diterima oleh korban, saksi, maupun terlapor. Tak lupa mereka juga menjelaskan bagaimana cara Satgas bekerja dari mulai mendapatkan laporan hingga memberikan surat rekomendasi kepada rektorat. Kemudian sesuai namanya satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual mereka menambahkan bahwa tidak hanya melakukan penanganan namun Satgas juga melaksanakan pencegahan berupa sosialisasi dalam beberapa kegiatan misalnya pkkmb dan seminar.

   Peserta yang hadir dalam evaluasi kerja Satgas PPKS untuk Surabaya terlihat cukup antusias dibuktikan dengan adanya beberapa peserta yang mengapresiasi kinerja Satgas namun ada juga mereka yang ingin bertanya mengenai konteks kekerasan seksual yang dinilai masih dalam isu-isu samar misalnya Siulan atau kedipin mata, maka mereka menyarankan dalam permendikbud no 30 isu-isu ini harus dijabarkan dan didefinisikan, dari pernyataan tersebut menjadi sebuah diskusi yang menarik bagi peserta maupun Satgas yang bertugas saat itu. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas dari masing-masing Prodi, fakultas, maupun biro yang hadir untuk memerangi segala bentuk kekerasan seksual yang terjadi dalam lingkungan Perguruan tinggi.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya